2 Astronot NASA Perbaiki Lengan Robot Stasiun Luar Angkasa - Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2 Astronot NASA Perbaiki Lengan Robot Stasiun Luar Angkasa

Share This
Canadarm2, Iss, Astronout

Hari ini dua astronot NASA melakukan perjalanan antariksa di luar Stasiun Luar Angkasa (International Space Station/ISS) untuk memperbaiki pelengkap (robot lengan) utama yang mengorbit dari laboratorium.

Mekanisme pengikatan di ujung robot lengan itu tidak bekerja dengan baik, sehingga kedua astronot ditugaskan untuk menggantinya. Misi ke luar angkasa ini merupakan misi pertama dari tiga misi yang direncanakan berlangsung Oktober ini.
Ketiga misi itu dilangsungkan disekitar lengan robot Canada itu untuk memperbaikinya agar mampu kembali bekerja dengan baik di luar ISS.

Lengan robot yang dikenal sebagai Canadarm2 itu merupakan salah satu alat peling penting di ISS. Instrumennya mirip dengan ular yang mampu meluas hingga hampir 60 kaki ke luar angkasa.

Canadarm2 berperan penting dalam pemasangan stasiun di awal tahun 2000-an, membantu memindahkan dan memasang peralatan berukuran besar. Saat ini, Canadarm2 digunakan untuk melakukan inspeksi di luar ISS, serta mengambil dan membawa pesawat kargo masuk.

Canadarm2 sendiri diluncurkan pada 2011, sehingga kini ia mulai mengalami kendala. Secara khusus dua mekanisme pengait pada setiap ujung lengan yang disebut Latching End Effectors (LEE) telah memburuk.

Satu LEE biasanya tetap melekat pada ISS, menancapkan lengan ke stasiun. LEE yang lainnya diperluas ke luar angkasa untuk meraih benda-benda. Ini merupakan perangkat yang rumit yang menggabungkan sensor, benda elektronik dan kamera.

Awalnya NASA bermaksud mengganti salah satu LEE yang tampak mengalami degradasi secara signifikan. Namun kemudian pada Agustus, kait pada LEE lainnya terhenti pada salah satu manuver robot lengan, sehingga NASA memutuskan bahwa komponen ini lebih tinggi prioritasnya untuk digantikan terlebih dahulu.


NASA amat ingin segera menyelesaikannya karena pesawat kargo luar angkasa selanjutnya dari Orbital ATK dijadwalkan diluncurkan ke stasiun tersebut pada awal November. Kait yang salah bisa membahayakan kemampuan Canadarm2 untuk menangkap kendaraan. NASA juga masih memilikirencana untuk mengganti LEE lainnya.

Astronot NASA Randy Bresnik dan Mark Vande Hei ditugaskan untuk mengganti LEE dengan satu cadangan lainnya yang saat ini terpasang di luar stasiun luar angkasa. Ini merupakan perjalanan ketiga Bresnik dan yang pertama bagi Vande Hei. Pasangan ini dijadwalkan untuk keluar dari ISS pada pukul 8:10 ET, dan kemungkinan akan mengerjakan penggantian dengan durasi sekira 6,5 jam yang dialokasikan di angkasa.

Pada 10 Oktober, Bresnik dan Vande Hei akan melakukan perjalanan lain untuk melumasi LEE baru di Canadarm2, dan kemudian mengganti kamera di bagian luar stasiun. Astronom NASA Joe Acaba kemudian akan bergabung dengan Bresnik pada sebuah pesawat ruang angkasa ketiga pada tanggal 15 Oktober, menggantikan Vande Hei, untuk melakukan lebih banyak pelumasan dan penggantian kamera lainnya. Demikian seperti dilansir The Verge, Jumat (6/10/2017).

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages