Responsive Ad Slot

Latest

latest

8 Fakta Teleskop Luar Angkasa Hubble

Beberapa fakta yang harus anda ketahui tentang teleskop Hubble: 1.Biaya Yang Di Keluarkan 2. Kekuatan Daya 3. Peluncuran 4. Rancangan Awal 5. Warna Akhir Gambar Yang Diambil Hubble 6. Susunan Cermin COSTAR 7. Cara Hubble Menangkap Gambar 8. Kecepatan Di Orbit

7 Oktober 2017

/ by Nata Prima
Teleskop, Hubble, Luar Angkasa, Nasa, teknologi

NASA meluncurkan Teleskop luar angkasa Hubble, 25 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 24 April, 1990. Proyek luarbiasa ini telah mengubah cara masyarakat dan ilmuwan memahami skala epik dan struktur ruang angkasa.

Teleskop hubble dilengkapi dengan kamera dan instrumen yang mampu menangkap gambar sejauh 3,4 miliar tahun cahaya. Hal ini telah membuat sekitar 1,2 juta pengamatan sejak tahun 1990, menyelesaikan orbit penuh Bumi setiap 97 menit, dengan kecepatan sekitar 17.000 mph .

Teleskop luar angkasa Hubble kemungkinan akan mengakhiri misi dalam lima tahun ke depan, tetapi memiliki penggantinya. James Webb Space Telescope (JWST) direncanakan akan mulai mengorbit pada 2018. Seperti Hubble sebelum, JWST dirancang untuk membantu makhluk bumi menatap lebih dalam ke alam semesta dari sebelumnya, mudah-mudahan menangkap sekilas dari beberapa galaksi pertama yang terbentuk di kosmos awal.

Beberapa fakta yang harus anda ketahui tentang teleskop Hubble:


1. Biaya Yang Di Keluarkan

Biaya pembangunan teleskop Hubble mencapai 1,5 milliar dollar Amerika atau setara 20 trilliun rupiah.

2. Kekuatan Daya

Teleskop luar angkasa Hubble tidak menggunakan banyak daya untuk dioperasikan. Ia menggunakan daya sekitar 2.800 watt, sementara dapur ketelnya menggunakan daya 2200 watt. Hubble mendapatkan daya dari beberapa panel surya.

3. Peluncuran

Seharusnya teleskop ini diluncurkan 4 tahun lebih awal, tetapi ditunda karena larangan penerbangan pesawat ulang alik setelah kecelakaan pesawat Challenger pada tahun 1986.

4. Rancangan Awal 

Awalnya,  Teleskop luar angkasa Hubble di rancang sangat besar. NASA mulai serius merencanakan di pertengahan 1970-an. Pada rancangan awal, teleskop ini diusulkan memiliki diameter cermin sekitar 3 meter, Namun kemudian dikurangi menjadi 2,4 m dengan massa 11 Ton Panjang teleskop Hubble 14,2 m, dengan lebar 12 m (termasuk panel mataharinya), dan diameternya 4,3 m.

5. Warna Akhir Gambar Yang Diambil Hubble

Gambar warna akhir yang kita semua lihat sebenarnya kombinasi dari dua atau lebih eksposur hitam-putih yang tersambung melalui filter berwarna. Selama pengolahan gambar, warna yang cocok dengan filter ditambahkan ke gambar.

6. Susunan Cermin COSTAR

Hanya berbeda perhitungan sebesar 1/50 kali dari diameter rambut manusia, lekukan cermin pengumpul cahaya utama pada teleskop Hubble menyebabkan gambar yang dicitrakan menjadi kabur. Untuk memperbaiki gambar kabur tersebut NASA menggunakan susunan cermin yang disebut COSTAR (Corrective Optic Space Telescope Axial Replacement) yang kegunaannya sama dengan kacamata yang dipakai oleh manusia, yaitu mengoreksi pandangan.

7. Cara Hubble Menangkap Gambar

Hubble pada dasarnya kamera raksasa tetapi tidak menggunakan film. Instrumen ini menangkap cahaya dari alam semesta dengan detektor elektronik (CCD) sehingga pada dasarnya ia adalah kamera digital raksasa.

8. Kecepatan Di Orbit

Hubble cukup cepat sebagai sebuah teleskop, ia bergerak dengan kecepatan 28.000 km / jam di orbit. Dua belas kali lebih cepat dari kecepatan jelajah pesawat supersonik Concorde (2270 km / jam).

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
© 2017-2018 | Eksplorasia.com