9 Fitur Baru Android 8.0 Oreo - Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Responsive Ads Here

9 Fitur Baru Android 8.0 Oreo

Share This
Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Pada tanggal 21 Agustus 2017 silam, Google secara resmi meluncurkan sistem operasi perangkat mobile terbaru yang bernama Android 8.0 Oreo.

Dan seperti yang kita tahu bahwa Google selalu membawa nama makanan manis untuk nama baru dari Sistem Android. Hal ini tentu saja sebagai strategi marketing Google agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat dunia, mengingat nama makanan manis seperti Biskuit Oreo ada di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Kamu belum mengetahui fitur baru Android 8.0 Oreo, Silahkan simak ulasan berikut ini :


1. Mode Picture-in-Picture

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Ini merupakan salah satu fitur juga yang baru hadir di Android 8.0 Oreo yang memungkinkan penggunanya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus, dimana satu aplikasi akan berada di atas aplikasi lain.

Dengan mode picture-in-picture ini pengguna Android 8.0 Oreo dapat melakukan video call atau menonton video sembari melakukan aktivitas lain di ponsel. Caranya sangat mudah, kamu cukup menekan tombol Home saat video sedang diputar dalam mode full-screen.

Setelah kamu menekan tombol Home, secara otomatis video yang tengah diputar tersebut berubah menjadi jendela kecil yang melayang (seperti pada gambar). Dan saat itulah kamu dapat mengerjakan tugas yang lain, bisa sembari membuka chatting, kirim email atau sekedar melihat-lihat isi smartphone.

2. Optimisasi Sistem

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Android Oreo diklaim dapat membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan lancar. Google telah membuat perubahan dalam sistem ‘Runtime’ termasuk optimisasi baru yang memungkinkan ponsel melakukan reboot dua kali lebih cepat,dan memberikan kinerja dua kali lebih baik untuk aplikasi dan game.


3. Baterai yang Lebih Hemat

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Dalam Android 8.0 Oreo ini sistem dapat mengatur aplikasi di-background dengan sangat baik sehingga memungkinkan dayat baterai dapat digunakan secara efisien dan tentunya menyebabkan baterai menjadi lebih hemat.

4. Emoji BaruAndroid Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Bagi yang suka berchatingan ini ada kabar bahagian  google telah menghadirkan lebih dari 60 emoji baru dan mendesain ulang agar terlihat lebih segar  pada Android 8.0 Oreo.

5. Autofill

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Android 8.0 Oreo memungkinkan pengguna dapat mengisi langsung area login untuk akun dan password secara otomatis (Android meminta izin kepada penggunanya) untuk kemudahan masuk ke dalam berbagai aplikasi, Sehingga pengguna tidak perlu repot memasukkan informasi yang sama. Namun sayang, karena tidak semua aplikasi akan mendukung dengan fitur satu ini.

6. Dots Notifikasi

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Fitur yang satu ini membantu penggunanya untuk mengetahui sesuatu yang baru pada aplikasi dengan memberikan tanda titik dan akan muncul notifikasi melayang di dekat aplikasi tersebut layaknya seperti yang hadir di iOS. Bisa dibilang Notification Dots merupakan fitur yang baru ada di Android 8.0 Oreo.

7. Google Play Protect

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Dalam hal keamanan, Android 8.0 Oreo telah hadir dengan Google Play Protect yang merupakan sistem keamaan untuk melindungi dari hal yang mencurigakan ketika memasang aplikasi. Apabila ada hal yang kurang baik maka secara otomatis sistem akan memberikan notifikasi langkah keamanan yang harus dilakukan penggunanya.

8. Android Instant Apps

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat menggunakan aplikasi terlebih dahulu tanpa perlu memasangnya di smartphone. Tentu saja hal ini sangat praktis dan cepat.

9. Ikon Adaptif

Android Oreo,Smartphone, Samsung, Nexus

Dengan fitur baru ini, pengembang aplikasi dapat menciptakan ikon aplikasi yang menawarkan berbagai pilihan bentuk yang secara otomatis bergeser berdasarkan tema yang digunakan oleh pengguna, seperti bentuk lingkaran, persegi, atau yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages