Responsive Ad Slot

Latest

latest

Awal Kisah Bisnis Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico (Telmex), Telcel, dan America Movil

27 Oktober 2017

/ by Nata Prima
success story,carlos slim helu, rich, mexico,forbes
image via YourStory.com
Menurut majalah Forbes, Fortune, dan Wal Street Journal, pria berusia 74 tahun ini merupakan orang terkaya nomor satu di dunia, mengalahkan Bill Gates dan Waren Buffett selama tujuh tahun berturut-turut, yaitu dari tahun 2007 hingga 2013. Pria dengan total kekayaan bersih sebanyak 74 miliar Dollar Amerika ini merupakan seorang pengusaha dan filantropis. Ia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico (Telmex), Telcel, dan America Movil.

Kelahiran Carlos Slim


Carlos Slim lahir di Mexico City, Mexico pada tanggal 28 Januari 1940. Ia merupakan anak dari pasangan Maronite Julian Slim Haddad dan Linda Helu. Orang tuanya menikah pada bulan Agustus 1926 dan merupakan keturunan Lebanon. Ayahnya yang lahir dengan nama Khalil Slim Haddad melarikan diri ke Meksiko untuk menghindari pemerintahan militer keras dari Kekaisaran Ottoman pada tahun 1902. Empat kakak laki-lakinya sebelumnya sudah menetap di Meksiko. Ibunya, Linda Helu, lahir di Parral, Chihuahua. Pada tahun 1911, ayahnya mendirikan sebuah toko pakaian bernama La Estrella del Oriente yang berarti Bintang Timur. Sepuluh tahun kemudian, ia membeli sejumlah perumahan mewah di distrik komersial pusat kota Mexico City. Keputusan ayahnya itu ternyata berhasil membuatnya dapat mengubah kondisi ekonomi keluarganaya. Ayahnya ini dikenal sebagai orang nomor satu yang memengaruhi industri telekomunikasi di Meksiko dan hampir seluruh Amerika Latin.

Anak ketiga dari enam bersaudara ini sudah diajarkan mengenai bisnis oleh ayahnya sejak kecil. Saat usianya baru menginjak umum 12 tahun, Carlos Slim membeli saham di sebuah bank di Meksiko. Pada umur 17 tahun, Carlos Slim sudah memperoleh 200 Peso per minggu sebagai hasil kerjanya di perusahaan milik ayahnya.

“Dia mengajarkan saya keberanian. Dia mengajarkan saya bahwa tidak peduli seberapa jelek krisis yang terjadi, Meksiko tidak akan hilang. Bila saya percaya dengan negara ini, investasi yang cermat akhirnya yang akan membayar,” kata Carlos Slim memuji ayahnya yang sayangnya meninggal pada tahun 1952.

Mendapatkan Gelar Insinyur Teknik Sipil


Pada tahun 1961, Carlos Slim mendapatkan gelar insinyur teknik sipil dari National Autonomous University of Mexico. Carlos sempat menjadi staf pengajar Aljabar dan Linear Programming. Ia juga pernah mengajar di sebuah lembaga internasional bernama Economic Comission for Latin America and the Caribbean (ECLAC). Pada tahuhn 1966, Carlos mendirikan Inmobiliaria Carso dan tiga bulan setelahnya ia menikah dengan Soumaya Domit Gemayel.

Pada awal karirnya, ia  berfokus pada bidang konstruksi, real estate, dan pertambangan. Pada tahun 1972, setidaknya ia telah mendirikan tujuh buah perusahaan yang bergerak di tiga bidang tersebut. Kemudian ia mengembangkan usahanya dengan membeli 60% sahan di bisnis percetakan pada tahun 1976. Empat tahun kemudian, ia mengonsolidasikan kepentingan bisnisnya dengan membentuk Grupo Galas sebagai induk dari perusahaan yang berfokus pada industri, konstruksi, pertambangan, retail, makanan, dan tembakau.

Menjadi Raja Telekomunikasi


Mendapatkan sifat berani dari ayahnya, ia membeli Telmex dari pemerintah pada tahun 1990 dengan menggandeng Southwestern Bell Crop dan France Telecom. Kondisi Telmex yang sedang tidak baik itu ia ubah menjadi perusahaan berprofit. Ia sempat dikritik karena menaikkan tarif telepon di negaranya. Tapi, tarif telepon yang dinaikkan itu tentu bukan tanpa alasan. Dengan tarif yang lebih tinggi, ia menjanjikaan pelayanan yang lebih baik dengan adanya tawaran sambungan lokal, interlokal, selular, inteernet, dan direktori telepon.

Perusahaan telekomunikasinya ini kini telah mencapai penjualan tahunan sebesar 16 miliar Dollar Amerika. Perusahaan telekomunikasi terbesar di Meksiko ini bahkan ttercatat sebagai salah satu perusahaan paling disegani di New York Stock Exchange. Carlos juga merupakan pemilik dari Prodigy Inc, perusahaan jasa internet ketiga di Amerika Serikat. Ia juga mengendalikan perusahaan keuangan bernama Grupo Financiero Inbursa dan perusahaan retail bernama Grupo Carso.

Pengusaha Terbaik di Meksiko


Pada usianya yang ke-28, ia dinobatkan sebagai Pengusaha Terbaik di Meksiko. Carlos disebut-sebut sebagai orang yang ada dibalik perkembangan industri keuangan di Meksiko. Carlos merupakan Wakil Presiden Komisaris dan Mexcan Stock Exchange dan Presiden Komisaris dari perusahaan Mexican Association of Brokerage House. Selain itu, ia juga merupakan presiden pertama yang menjabat di New York Stock Exchange Administration Council pada tahun 1996 hingga 1998. Pada tahun 1997, ketika belum banyak perusahaan mengenal jaringan iMac, Carlos membeli saham komputer Apple sebanyak 3%. Pada tahun-tahun berikutnya, saham itu pun akhirnya terus malambung tinggi.


Carlos merupakan salah satu orang dalam jajaran pengurus utama Grup Altria yang dulunya bernama Philip Morris hingga akhirnya mengundurkan diri pada tahun 1996 dan juga Alcatel. P tahun 2000-an, sebagian besar waktu Carlos dihabiskan untuk program World Education & Development Fund yang berfokus pada proyek infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan dunia. “Carlos Slim merupakan seorang filantropis (orang yang gemar beramal) terpenting di dunia yang tidak seperti orang kebanyakan,” begitulah pendapat Bill Clinton terhadap Carlos.

Berdirinya Fundacion del Centro Historico de la Ciudad de Mexico A. C.


Pada tahun 2000, Carlos mendirikan Fundacion del Centro Historico de la Ciudad de Mexico A. C. Atau yang juga dikenal sebaga Mexico City Historic Downtomn Foundation yang  memiliki visi untuk merevitalisasi dan menyelamatkan pusat kota Meksiko yang memiliki nilai sejarah tinggi sekaligus memungkinkan penduduknya memiliki kesempatan hidup yang lebih baik serta akses hiburan yang lebih memadai. Selain itu, Carlos juga mendirikan Latin America Development Fund.

Pada bulan Februari 2006 lalu, Carlos mengincar CompUSA dan menawar perusahaan itu seharga 800 juta Dollar AS.

Selama hampir dua tahun terakhir, Carlos mendapatkan penghasilan dari usahanya rata-rata sebanyak 27 juta Dollar Amerika per hari. Dengan kekayaannya yang sangat kontras dengan kondisi penduduk di Meksiko yang kebanyakan masih berada di garis kemiskinan, tidak jarang Carlos menerima kritikan pedas yang berisi bahwa Carlos telah melakukan praktik monopoli. Ia memang menguasai 90% saham perusahaan telepon di Meksiko dimana 10% yang lainnya dikuasai oleh TELNOR yang hanya memberikan jasa layanan untuk daerah barat laut Meksiko. Kekayaan Slim yang mencapai 7% total GDP Meksiko ini menjdi bahan pergunjingan di kalangan masyarakat Meksiko.

Penghargaan Carlos Slim Helu


Selain mendapatkan penghargaan “Pengusaha Terbaik di Meksiko” ketika usianya belum menginjak kepala tiga, Carlos juga pernah meraih Merit Medal of Honor dari Kadin Meksiko, Golden Plate Award oleh American Academy of Achievement, dan Leopold II Commander Medal dari Pemerintah Belgia.

Artikel ini dikutip dari bisnishack


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
© 2017-2018 | Eksplorasia.com