Berikut 7 Fakta Black Hole Atau Lubang Hitam - Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Berikut 7 Fakta Black Hole Atau Lubang Hitam

Share This
Black Hole atau Lubang Hitam, Space, luar angkasa
image via space.com
Apa kalian tahu apa itu Black Hole atau lubang hitam ? jika belum tahu ini adalha penjelasannya di kutip dari Wikipedia : Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Di sekitar Lubang Hitam ada permukaan yang di sebut Event Horizon. Lubang ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya.

Berikut ini beberapa fakta tentang Black Hole atau lubang hitam dikutip dari berbagai sumber :


1. Waktu Yang Melambat

Katakan saja bahwa ada dua orang yang ingin mengamati si Black Hole ini, si B masuk kedalam Black Hole dan si A mengamatinya dari luar. Maka waktu si B akan berjalan lambat dan terus melambat. (Hal ini sesuai dengan teori relativitas yang dicetus Albert Einstein) yang mengemukakan bahwa waktu akan dipengaruhi seberapa cepat objek melaju. Jika masuk Black Hole maka waktu akan berhenti dan melambat.

2. Ukuran

Menurut beberapa penelitian, black hole memiliki ukuran yang besarnya mencapai 10 kali lipat dari besar matahari. Namun setelah dilakukan penelitian yang lebih mendalam ditemukan fakta tentang ukuran black hole yang ternyata berbeda-beda.

3. Jumlah Lubang Hitam

Para astronom memperkirakan ada sekira 10 juta sampai satu miliar lubang hitam bintang, dengan kira-kira memiliki massa tiga kali dari matahari di Bima Sakti.

4. Black Hole Belum Ditemukan Sebelum X-ray Ditemukan

Cygnus X-1 dikatan bahwa ini merupakan Black Hole pertama(1960), tetapi Cygnus tidak teridentifikasi sebagai Black Hole. Karena Black Hole juga menghasilkan emisi sinar-X maka hal ini dapat dilihat melalui X-ray. Berkat Sinar X lah kita dapat mengetahui benda langit yang sangat misterius ini.

5. Apakah Bumi Aman Dari Black Hole?

Astronom berpedapat mesikupan banyaknya black hole supermasif di tengah-tengah galaksi kita. Untungnya bumi terletak di posisi 3/4 dari pusat galaksi. Karena di pusat galaksi relatif dipenuhi materi sisa galaksi kita dan karena itulah dipenuhi Black Hole. Tetapi kita masih dapat mengamati kegiatan Black Hole dari kejauhan.

6. Mesin Penghancur

Secara alami black hole dapat menghancurkan bintang besar dalam waktu singkat, ketika black hole menyerap bintang ia akan terlihat semakin cepat,besar,dan semakin naik suhunya. Jika diamati melalui X-rays. Bintang saja dapat dihancurkan dengan mudahnya bagaimana dengan bumi?

7. Pertumbuhan

Kemudian fakta tentang black hole yang menarik juga mengenai pertumbuhannya dimana massa black hole akan terus bertambah jika ia terus menghisap semua materi yang ada di dekatnya. Jadi jika ada suatu obyek yang berada pada jarak yang dekat, maka ia akan terhisap dan tidak dapat lepas dari jeratan black hole tersebut.


Jika kalian menyukai artikel ini silahkan bagikan keteman-teman kalian dan Like Fans Page Facebook kami, Terima kasih Yaaa....



2 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages