Responsive Ad Slot

Latest

latest

Fakta Menarik Tentang Jupiter dan Foto-Fotonya

Planet Jupiter merupakan raksasa gas dan menjadi Planet Terbesar di Tata Surya

11 Desember 2017

/ by Eksplorasia Web
Planet Jupiter

Jupiter adalah planet kelima terbesar di Tata Surya yang merupakan raksasa gas dengan massa seperseribu massa Matahari dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya.

Jupiter telah dijelajahi beberapa kali oleh wahana robotik, seperti misi terbang lintas Pioneer, Voyager, dan Galileo. Wahana terakhir yang mengunjungi Jupiter adalah wahana New Horizons pada akhir Februari 2007 saat sedang menuju Pluto. Wahana tersebut menggunakan bantuan gravitasi dari Jupiter untuk membantu meningkatkan kecepatannya. Ke depannya, beberapa satelit yang mengelilingi Jupiter mungkin akan dijelajahi, seperti satelit Europa yang mungkin memiliki samudra cair di bawah lapisan esnya.

Berikut Beberapa Fakta Tentang Jupiter

  1. Terdapat bintik merah raksasa Sebenarnya bintik ini adalah sebuah badai antisiklon yang lebih besar dari bumi yang diabadikan oleh wahana Voyager 1 pada 25 Februari 1979.
  2. Jupiter telah dijuluki sebagai pembersih Tata Surya karena gravitasinya yang besar dan letaknya di dekat Tata Surya dalam. Planet ini merupakan planet yang paling sering ditubruk oleh komet Sebelumnya diduga planet ini melindungi sistem Tata Surya dalam dari komet. 
  3. Memiliki Massa 2,5 kali lebih besar dari massa seluruh planet lain di Tata Surya
  4. Medan magnet Yupiter 14 kali lebih kuat dari medan magnet Bumi, dengan intensitas 4,2 gauss (0.42 mT) di khatulistiwa dan 10–14 gauss (1,0–1,4 mT) kedua kutub, sehingga menjadikannya yang terkuat di Tata Surya (setelah bintik matahari).
  5. Satu hari di bumi berlangsung selama 24 jam. Di sisi lain, Jupiter hanya memerlukan waktu kurang dari 10 jam (9 jam dan 55 menit) untuk melakukan rotasi. Ini menjadikannya Planet dengan rotasi yang paling cepat mengingat bahwa ukuran Yupiter yang sangat besar.
  6. Memiliki bulan terbesar di tata surya yaitu Ganymede bediameter lebih besar dari Merkurius.

Foto-foto Jupiter


Jupiter

Jupiter

Jupiter

Jupiter

Jupiter

Jupiter

Jupiter

Jupiter

Jupiter

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
© 2017-2018 | Eksplorasia.com