NASA Membuat Satelit Pemburu Planet Bernana TESS - Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Responsive Ads Here
NASA telah mengumumkan dimulainya misi pemburu planet TESS, yang secara resmi dimulai pada 25 Juli dengan tujuan mengkatalogkan planet baru di luar tata surya kita. Badan antariksa merencanakan misi ini selama dua tahun terakhir, selama waktu itu kemungkinan akan menemukan ribuan planet baru. Jika NASA beruntung, mungkin menemukan beberapa planet yang bisa mendukung kehidupan.

TESS adalah singkatan dari Transiting Exoplanet Survey Satellite; pesawat ruang angkasa dirancang untuk memindai angkasa, mengidentifikasi exoplanet dan mengirim data kembali ke peneliti. NASA mengatakan bahwa informasi pertama akan dikirim kembali ke para peneliti bulan depan, setelah itu sebuah tim akan mulai menganalisanya.

Paul Hertz, direktur Divisi Astrofisika di Direktorat Misi Sains berkata “Saya senang bahwa misi pemburu planet baru kami siap untuk mulai menjelajahi lingkungan tata surya kita untuk dunia baru. Sekarang kita tahu ada lebih banyak planet daripada bintang di alam semesta kita, saya menantikan dunia aneh yang fantastis yang harus kita temukan”.



TESS akan fokus pada planet-planet terdekat dan terang yang kadang-kadang mengalami penurunan kecerahan, Perubahan cahaya dapat menunjukkan adanya planet yang lewat di depan bintang, membuat daerah ini menjadi tempat utama untuk mencari.

Misi ini dipimpin oleh MIT, meskipun Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard yang mengelolanya. Menurut NASA, lebih dari selusin observatorium, universitas, dan institut ikut serta dalam misi tersebut. Agensi luar angkasa menjelaskan bagaimana misi akan berkembang dalam video di atas, termasuk visual tentang bagaimana TESS akan mengamati langit.

sumber: slashgear
image via: space

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages