Android 9 Pie, Membawa Fitur Baru Yang Harus Kamu Coba - Eksplorasia | Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Android 9 Pie, Membawa Fitur Baru Yang Harus Kamu Coba

Share This
Android Pie 9.0

Google telah resmi memperkenalkan Android terbaru mereka di ajang Google I/O 2018 dengan nama Android Pie atau Android 9.0

Ponsel pertama yang mendapatkan pembaruan ini adalah Google Pixel 3, Sudah menjadi hal biasa melihat Google menghadirkan versi Android terbarunya untuk perangkat besutan mereka terlebih dahulu, sebelum diteruskan perangkat Android lainnya.

Tidak ketinggalan juga beberapa produsen Smartphone saat ini sedang dalam pengerjaan untuk melakukan pembaruan di ponsel andalan mereka.

Apa saja fitur baru di Android Pie 9.0 kita lihat saja pada dibawah ini


Adaptive Battery
Image via: Pinoy Techno Guide


Baterai lebih hemat dengan AI

Dengan AI maka penggunaan baterai ponsel akan menjadi lebih hemat karena AI sendiri akan mempelajari pola dalam menggunakan smartphone, dengan mengetahui tersebut AI akan mengalokasikan daya hanya pada aplikasi yang sering digunakan system ini disebut Adaptive Battery, Fitur ini juga diintegrasikan ke fungsi control kecerahan layer otomatis lebih baik dari Auto Brighness pada Android terdahulu

Dashboard Android Pie 9.0
Image via Androidguys


Dashboard

Fitur ini bisa menampilkan lebih banyak informasi seperti berapa lama dalam penggunaan ponsel, berapa banyak pemberitahuan yang anda dapatkan bahkan dengan fitur ini juga bisa mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menyita waktu pengguna.

Gesture Android 9.0 Pie
image via gadgets.NDTV


Gesture

Bisa dibilang Android 9.0 Pie membawa fitur Gesture baru mirip dengan iPhone X, dimana penggunanya dapat masuk ke layar utama atau melihat recent app dengan menggeser layar dari bawah ke atas sehingga tidak perlu menekan tombol Home atau Recent App.

App Action Android Pie 9.0
image via digitaltrends


App Action

Fitur ini akan memprediksi apa yang ingin dilakukan selanjutnya berdasarkan konteks yang Anda biasa lakukan. Pie menampilkannya secara langsung di layar, untuk menghemat waktu.

Timer Android Pie 9.0
Image via: Hellonews


Timer untuk Aplikasi

Fitur Timer ini dapat membatasi waktu penggunaan aplikasi dalam aktivitas sehari-hari. Pengguna dapat membatasi penggunaan aplikasi mulai dari 15 menit, 30 menit, hingga 2 jam setiap harinya. Bisa dibilang fitur ini bisa dibilang berguna agar penggunanya tidak selalu fokus di smartphone dan melakukan pekerjaan lainnya.

Do not Disturb Pada Android Nougat 7.0
image via Androidauthority


Do not Disturb

Dengan fitur ini penggunanya dapat memilih agar notifikasi email, chat, SMS, dan lainnya tidak tampil dipemberitahuan. Ini dilakukan untuk memblokir notifikasi yang biasanya dianggap kurang penting. Tapi masih bisa dalam menerima panggilan masuk.

Wind Down Android Pie 9.0
Image via Bestusefultips


Pengaturan cahaya 

Jika terlalu lama melihat smartphone tentu akan membuat mata kita cepat rusak dikarena pada smartphone memancarkan cahaya biru.

Di beberapa smartphone akan di lengkapi dengan fitur Eye Comfort ini berguna untuk menghalangsi cahaya biru langsung terkena mata, fitur ini dibuat oleh masing-masing produsen ponsel.

Namun dengan kedatangan Android Pie Google menghadirkan fitur bernama Wind Down sehingga layar dapat redup menjadi abu-abu dengan menghalangi cahaya biru. Tentu saja hal ini dapat membantu penggunanya dapat melihat layar smartphone dengan nyaman ketika malam hari atau kondisi minim cahaya.

Slices Android Pie 9.0
image via The verge


Slice 

Mengeluarkan informasi yang relevan mengenai aplikasi yang sering digunakan. Misalnya ingin menggunakan aplikasi menginap, akan muncul informasi diskon. Atau ketika mengetik sebuah tempat liburan dan akan muncul foto-foto liburan dari aplikasi Google Photos.



Masih banyak lagi fitur baru yang akan hadir di Android Pie 9.0 seiring dengan update yang di hadirkan oleh Google, Tapi sayangnya tidak semua smartphone yang ada saat ini akan mendaptakan update OS baru ini biasanya hanya ponsel premium yang lebih dulu mendapatkannya, Klik untuk ponsel apa saja yang mendapatkan pembaruan ke Android Pie terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages