Atom Sangat Dingin Berhasil Dibuat di International Space Station - Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Atom Sangat Dingin Berhasil Dibuat di International Space Station

Share This
International Space Station

Ilmuan di stasiun kapal luar angkasa ISS telah mencapai tonggak sejarah, dengan menggunakan Cold Atom Laboratory (CAL), ilmuan berhasil menghasilkan awan atom sangat dingin dikenal sebagai Bose-Einstein condensates (BECs). BECs mencapai suhu diatas nol mutlak atau suhu ketika atom berhenti bergerak sepenuhnya.

Ini menandai pertama kalinya BECs diproduksi di luar bumi. NASA mencatat bahwa atom-atom dingin berumur lebih panjang dan partikel kuantum di kendalikan secara tepat dapat menyediakan studi tentang fenomena kuantum, studi yang telah tekumpul dapat di aplikasikan pada teknologi kuantum juga.

Fasilitas ini menjadi yang pertama ditempatkan di luar angkasa, Para ilmuwan CAL mengkonfirmasi pekan lalu bahwa mereka telah mampu menghasilkan BECs dari atom-atom rubidium. Suhu dalam percobaan itu dibawah 100 nanoKelvin atau satu sepuluh juta dari satu Kelvin di atas nol mutlak.

Nol mutlak berarti minus 459 derajat Fahrenheit, Meskipun suhu yang sangat dingin telah tercapai, para peneliti CAL ingin membuat lebih dingin lagi. Tim itu berharap dapat mencapai suhu yang lebih dingin daripada eksperimen BEC apa pun yang ada di Bumi yang bisa dicapai.



Karakterristik BECs dikenal sebagai materi kelima berbeda dari gas, cairan, padat, dan plasma dengan atom yang bertindak seperti gelombang daripada partikel, Para ilmuan juga sedang menciptakan BECs dari dua isotop berbeda dari atom kalium.

Sumber: slashgear
Image via: wikipedia/nasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages