Gelombang Magnet Bulan Jupiter 20.000 Kali Lebih Kuat Dari Bumi - Eksplorasia | Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Gelombang Magnet Bulan Jupiter 20.000 Kali Lebih Kuat Dari Bumi

Share This
Planet Jupiter

Pada awal tahun ini telah di temukan 12 bulan baru milik planet Jupiter planet terbesar di tata surya dengan luas permukaan 61,42 miliar km, total keseluruhan yang dimilikinya adalah sebanyak 79 bulan.

53 bulan sudah memiliki nama dan dikonfirmasi, tetapi masih ada 26 bulan yang masih misterius, beberapa dari mereka benar-benar membuat para peneliti tertarik menelitinya.

Kita ambil contoh saja satu bulan Jupiter memiliki ratusan gunung berapi di permukaannya, dengan beberapa dari mereka meletuskan lava beberapa kilometer ke langit.

Salah satu bulan bernama Ganymede sangat menarik untuk diteliti karena penelitian baru telah mengungkapkan bahwa ia juga memiliki kemampuan untuk menciptakan gelombang magnet yang kuat partikel itu mempunyai energi yang sangat besar.

Para ilmuwan sedang mempelajari data lama dari pesawat ruang angkasa NASA Galileo, yang mengorbit Jupiter dari 1995 hingga 2003, ketika mereka membuat penemuan baru.

Jupiter umumnya dikenal sebai planet terbesar di tata surya kita, tetapi masih sedikit fakta yang diketahui bahwa ia juga 20.000 kali lebih besar daripada magnet bumi.

Ini adalah "kekuatan" magnetik yang mungkin juga meluas ke Ganymede, ketika para ilmuwan menganalisis rekaman Galileo tentang kekuatan gelombang elektromagnetik yang diamati di daerah sekitar Jupiter, ketinggian gelombang melonjak satu juta kali lebih banyak dari biasanya.

Biasanya, gelombang di sekitar Jupiter ini memiliki amplitudo yang sedikit lebih tinggi daripada medan magnet yang dihasilkan oleh otak manusia, tetapi tingkat yang ditemukan di dekat Ganymede mirip dengan tsunami dibandingkan gelombang laut biasa.

Jupiter juga memiliki bulan yang disebut Europa yang menurut beberapa orang mungkin bisa menjadi bumi kedua.

Sumber: Businessinsider
Image via: Theverge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages