Google dan Peneliti Harvard University Membuat AI Bisa Memprediksi Gempa - Eksplorasia | Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Google dan Peneliti Harvard University Membuat AI Bisa Memprediksi Gempa

Share This
Earthquake | Ecuador Review

Google dan peneliti Harvard University telah bekerja sama untuk mengembangkan model kecerdasan buatan yang mampu memprediksi gempa susulan yang mungkin terjadi hingga satu tahun setelah gempa terjadi. AI dilatih menggunakan database yang berisi informasi tentang lebih dari 118 gempa bumi besar, yang membantu peneliti memprediksi kemana gempa susulan akan terjadi.

Gempa susulan adalah gempa bumi yang terjadi di wilayah yang sama dengan gempa utama tetapi memiliki magnitudo yang lebih kecil, peneliti berharap bisa memprediksi kapan dan dimana gempa akan terjadi selanjutnya.

Saat gempa susulan terjadi dan tidak terprediksi maka akan menghambat pemulihan dan bertambahnya korban. Para peneliti menganggap teknologi ini sangat penting bagi masyarakat dengan bantuan AI maka kita dapat memprediksi dan meminimalkan resiko korban berjatuhan

Dirangkum dari Slashgear, Teknologi ini mempelajari dengan menggunakan data gempa bumi dan gempa susulan di masa lalu berfungsi sebagai alat peramalan, membantu para ahli memprediksi kemana gempa akan terjadi selanjutnya. Informasi tersebut dapat digunakan untuk mengevakuasi masyarakat ketempat yang lebih aman dan merencanakan pemulihan kerusakan pada saat gempa susulan tidak terjadi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages