Masih Ada Harapan Rover Opportunity Kembali Lagi - Eksplorasia | Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Rover Opportunity

Rover Opportunity milik NASA telah diam sejak 10 Juni ketika badai debu di planet Mars sedang berlangsung dan menutupi bagian panel surya rover, NASA mengatakan tidak ada yang tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Meskipun tetap optimistis terhadap rover Opportunity yang sudah berusia 15 tahun bisa kembali lagi.

Masalah mungkin terjadi akibat badai debu dapat mengurangi kapasitas baterai, Ketika debu sudah menghilang di panel surya, rover akan dapat mengisi kembali dengan bantuan sinar matahari, saat ini badai telah menunjukkan tanda-tanda melambat peluang kembalinya Opportunity semakin besar.

Dalam laporan baru, NASA mengatakan, "Tidak ada yang akan tahu bagaimana kinerja rover ini sampai ia dapat berkomunikasi." Tim optimis bahwa Opportunity akan pulih dari badai, Mereka mengatakan bahwa data yang dikumpulkan sebelum terjadinya badai menandakan telah terjadi penurunan baterai, Selain itu peningkatan suhu yang disebabkan oleh badai debu dapat membuat rover cukup hangat.

Begitu mendapatkan sinar matahari dan mengisi kembali itu sudah cukup untuk kembali berkomunikasi, Rover Opportunity memiliki tiga mode jika terjadi kesalahan utama dan secara otomatis mengaktifkan salah satu mode tersebut, mungkin yang terjadi saat ini adalah rover mengalami gangguan daya rendah sesaat setelah berhenti berkomunikasi, mode ini menyebabkan rover berhibernasi.

NASA mengatakan perlu waktu beberapa minggu setelah komunikasi pertama sebelum timnya menentukan masalah yang di hadapi rover Opportunity.

Sumber: NASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages