MIT Menemukan Cara Berkomunikasi Antara Kapal Selam dan Pesawat Terbang - Eksplorasia | Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

MIT Menemukan Cara Berkomunikasi Antara Kapal Selam dan Pesawat Terbang

Share This
Submarine | ScienceABC

Kapal selam biasanya tidak dapat berkomunikasi langsung dengan apapun yang berada di atas air karena keterbatasan sinyal mereka, tetapi mungkin dalam beberapa waktu kedepan akan berubah. Para peneliti telah mengembangkan sistem nirkabel yang dapat mengirimkan data dari bawah air ke udara. Penelitian ini dikenal dengan TARF Translational Acoustic-RF Communication, dengan mengirim sinyal sonar kepermukaan akan terjadi getaran kecil pada frekuensi yang berbeda sesuai dengan 0 dan 1 data biner. Di atas air ditempatkan radar frekuensi sangat tinggi 30GHz hingga 300GHz yang dapat menangkap perubahan kecil pada sudut sinyal yang berhubungan dengan bit data.

TARF juga bekerja pada lautan yang bergelombang. Algoritma pemrosesan sinyal baru menggunakan frekuensi gelombang untuk mengetahui antara gelombang besar dan kecil yang dicari para ilmuan. Pada percobaan awal hanya bekerja di gelombang setinggi 6,3 inci, tetapi MIT berharap dapat memperbaikinya untuk digunakan diperairan laut luas.



Sistem ini tidak akan mengirimkan foto atau laporan rinci, prototipe saat ini hanya bisa mengirimkan data beberapa ratus bit per detik. Kapal selam dapat menggunakan teknologi ini untuk menemukan pesawat dan drone yang terbang di atas permukaan sambil tetap aman di bawah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages