NASA Menegaskan Keberadaan Es di Kutub Bulan - Eksplorasia | Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

NASA Menegaskan Keberadaan Es di Kutub Bulan

Share This
Moon | ScienceAlert

Tim ilmuan mengkonfirmasi terdapat endapan es di kutub bulan, mereka menggunakan data yang dikumpulkan oleh NASA Moon Mineralogy Mapper atau M3 dan pesawat luar angkasa Chandrayaan-1 india telah membuktikan keberadaannya. Gagasan bahwa satelit alami bumi itu memiliki es yang tersembunyi dari bayangan matahari bukanlah sesuatu yang baru, penyelidikan sebelumnya telah mengirim data yang mengadung bukti keberadaan mereka, Namun, NASA, mengatakan ini pertama kalinya para ilmuan telah secara langsung mengamati bukti definitif bahwa ada es yang sebelumnya di anggap bebatuan.

Menurut tulisan yang diterbitkan PNAS, M3 mampu mengambil sifat reflektif yang diharapkan dari es kutub bulan. Itu juga dapat mengukur cara molekul material menyerap cahaya inframerah serta membedakan antara air cair dan es yang padat untuk memastikan bahwa endapan itu sebenarnya air beku. Data M3 menunjukkan bahwa kantong-kantong es tersebar di kutub utara dan lebih terkonsentrasi di kutub selatan.



Dirangkum dari Engadget, Endapan es itu kemungkinan besar terbentuk karena suhu di kutub bulan, yang tidak pernah diterpa sinar matahari minus -250 derajat Fahrenheit. Sebelum kita dapat mengirim misi berawak di masa depan pertama kita harus mengonfirmasi seberapa besar dan dalamnya. Seperti yang dikatakan oleh Abdud Madrid, direktur pusat sumber daya luar angkasa, kepada Business Insider kita perlu mengirim sebuah rover untuk memeriksanya, tapi sayang NASA telah membatalkannya karena sebuah rover seharusnya mencari dan menggali es dan sumber daya lain di bulan. Badan antariksa itu masih akan mengirim instrument kendaraan tanpa awak kebulan, tapi mungkin penundaan pengiriman rover kebulan akan menunda penemuan baru yang seharusnya bisa ditemukan lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages