Robot Canggih Ini Bisa Memberi Tambahan Lengan Untuk Manusia - Eksplorasia | Jelajahi Dunia Tanpa Batas

Post Top Ad

Robot Canggih Ini Bisa Memberi Tambahan Lengan Untuk Manusia

Share This
Yamen Saraiji | Engadget

Para peneliti di Universitas Tokyo dan Universitas Keio telah menciptakan sistem robotik yang disebut Fusion. Robot ini di letakkan pada punggung pengguna dan dioperasikan dari jarak jauh. Fusion adalah robot telepresence dengan dua lengan dan kepala memungkinkan operator jarak jauh bisa melihat apa yang di lihat pemakai serta bisa menggerakkan lengan robot tersebut ataupun menggunakan lengan robot itu untuk menggerakkan tangan pemakainnya.  Yamen Saraji, seorang peneliti pada proyek itu mengatakan pada The Verge bahwa Fusion dapat di gunakan seorang ahli untuk membimbing seseorang tentang bagaimana mengoperasikan instrument tertentu dari jarak jauh tanpa perlu kehadiran fisik mereka.



Pada video diatas menunjukkan bagaimana sistem dapat digunakan untuk membantu dua individu berkomunikasi dan berkolaborasi dari jarak jauh, operator juga dapat menjelaskan dan menggerakan lengan robot. Anda juga dapat melihat pada video bagaimana pengguna telepresence dapat mengoperasikan robot melalui headset Oculus Rift.

Ini masih dalam bentuk protipe yang perlu dikembangkan lagi terdapat beberapa masalah yang harus diatasi, ucap Saraji kepada The Verge.

Fusion adalah tindak lanjut dari proyek MetaLimbs kelompok riset yang ditunjukkannya pada konferensi SIGGRAPH tahun lalu. Kelompok ini memamerkan Fusion awal bulan ini di SIGGRAPH 2018.

Sumber: Engadget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages